Homeschooling

52 Siswa Homeschooling HSPG Diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bergengsi di Seluruh Indonesia

Yogyakarta, HSPG-Tahun 2021 menjadi salah satu tahun yang membanggakan bagi Homeschooling HSPG. Pasalnya banyak lulusan/alumni yang diterima dan masuk melalui jalur penerimaaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri/PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak main-main, sebanyak 50 Alumni telah di terima di berbagai universitas dan Perguruan Tinggi Negeri terkemuka yang berada di berbagai wilayah Indonesia tahun ini. Pencapaian tersebut dapat terjadi karena dilakukan persiapan yang matang oleh pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa untuk dapat diterima di universitas dan jurusan yang diinginkan oleh orang tua dan siswa.
Salah satu program yang dilakukan adalah penelusuran dan konseling minat siswa terhadap jurusan dan universitas yang diberi nama future plan. Program Future plan ini terintegrasi antar program divisi psikologi dan akademik. Staf Psikologi Homeschooling HSPG Aisy Zharfan Niqa, S.Psi, mengatakan, future plan ini digunakan sebagai pemetaan awal minat karir siswa setelah kelas lulus dari sekolah. “pemetaan awal peminatan karir peserta didik dilakukan dengan membagi menjadi 6 kriteria yaitu siswa yang melanjutkan kuliah, siswa yang melanjutkan kerja, siswa yang melanjutkan wirausaha, siswa yang melanjutkan profesi seperti artis dan atlet, siswa yang melanjutkan kursus, dan untuk siswa yang belum ada rencana karir”. Aisy juga menyampaikan dari pendataan tim psikologi pada tahun 2020 lalu siswa paling banyak memilih untuk melanjutkan karir di jenjang perkuliahan.
Selanjutnya dari program pemetaan awal tersebut dilakukan pendekatan lebih mendalam dengan melakukan konseling secara individu maupun kelompok. Kegiatan konseling ini juga dilakukan bekerjasama dengan bagian Penelitan Pengembangan dan Kerjasama dari Divisi Akademik. Pada inti kegiatan tersebut setiap siswa akan diberikan informasi mengenai pemilihan jurusan yang sesuai dengan hasil analisis minat dan bakat yang dikaitkan dengan minat pemilihan jurusan dan universitas yang dituju serta informasi terbaru terkait jalur masuk dan nilai secara akademik selama 5 semester. Hal ini perlu dilakukan bersama untuk mengetahui kesesuaian hasil secara psikologi dan akademik siswa dengan jurusan dan universitas yang diminati.

Konsultasi jenjang karir (futureplan) tim Psikologi dengan siswa

Program Akademik yang mendukung kebutuhan siswa dari lanjutan konseling ini adalah dengan diadakannya kegiatan bernama UnivFair. Kegiatan tersebut berhasil mendatangkan narasumber dari perguruan tinggi nasional negeri di Yogyakarta yang terdiri dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Hal ini dilakukan semata-mata untuk mendapatkan informasi langsung dari Humas ketiga Universitas Negeri tersebut mengenai informasi jalur masuk, tata cara pendaftaran, dan rumor-rumor yang beredar di masyarakat untuk di konfirmasi langsung dengan pihak Universitas yang bersangkutan. Kegiatan Univfair tersebut juga turut mengundang Humas dari Universitas Swasta di Yogyakarta yang terdiri dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Atmajaya (UAJY), dan Universitas Sanatha Dharma (USD).

Gambar UnivFair oleh Homeschooling HSPG bekerjasama dengan Humas Perguruan Tinggi negeri dan Swasta di Yogyakarta

Pada tahun ini pula untuk pertama kalinya Homeschooling HSPG sebagai lembaga pendidikan non formal mendapatkan kuota untuk penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan/SNMPTN sebesar 40% karena telah terakreditasi A. Hal ini tentu sangat membanggakan dan pencapaian yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan di Indonesia karena semua siswa mendapatkan kesamaan hak di dalam pendidikan khususnya pada jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan menggunakan rapor.

Gambar https://portal.ltmpt.ac.id/verval/sekolah yang menunjukan data kuota Peserta SNMPTN dari Homeschooling HSPG

Sebanyak 50 alumni yang telah diterima di berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi tersebut menjadi sebuah bukti bagaimana program pendidikan di Homeschooling HSPG mampu mengantarkan siswa-siswinya menuju perguruan tinggi terbaik. Berikut ini data yang berhasil dikumpulkan oleh sekolah sebagai data lulusan siswa di tahun ajaran 2020/2021.

Data siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri

 

Data siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Swasta

Salah satu contoh prestasi siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri adalah siswa dengan nama Taradita Kalyana Yasmin yang berhasil diterima di Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Gajah Mada melalui jalur masuk IUP. Program-program tersebut tetap akan diselenggarakan dan akan terus ditingkatkan sebagai komitmen Homeschooling HSPG untuk menghasilkan siswa-siswi yang memiliki karakter dan pandangan global serta mampu diterima di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. (RD)

Bukti siswa diterima di Universitas Gajah Mada

 

MAU TAU BERAPA BIAYA HOMESCHOOLING HSPG?
====================================================================
Informasi pendaftaran peserta didik baru : (0274) 512160 / 0812 1516 8833⠀

Categories artikel/Headline News

Post Author: adminhspg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *