Homeschooling

Homeschooling HSPG Adakan Pelatihan Robotik Bagi Guru

Yogya – Homeschooling HSPG Yogyakarta menyiapkan satu lagi program vokasi di lembaganya yaitu vokasi robotik. Untuk mematangkan itu, Homescholing HSPG mengadakan pelatihan keterampilan robotik bagi guru/tutor yang akan mengampu vokasi robotik tersebut dengan menghadirkan narasumber Vice President , Riza Muhida. Pembekalan robotik berlangsung dua hari, 4-5 November 2021.

Direktur Homeschooling HSPG Ir Kusnanto MM mengatakan, di era digitalisasi ini, keterampilan robotik sangat dibutuhkan generasi muda Indonesia untuk menjadi generasi unggul. Kedepan keterampilan robotik akan semakin dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih efisien. “Setelah ada program vokasi Bahasa Inggris, Cooking Class, Musik dan Teknologi Informasi dan Komputer, Homeschooling HSPG menambah lagi vokasi robotik,” terang Kusnanto kepada KR, Jumat (5/11).

Guru sebagai peserta pelatihan robotik yang akan menjadi pendamping belajar bagi siswa Homeschooling HSPG Yogyakarta

 

Menurut Kusnanto, keterampilan robotik ini akan menjadi nilai tambah bagi siswa sekaligus  menjadi keunggulan yang dimiliki Homeschooling HSPG. Diharapkan nantinya keterampilan ini menambah daya saing lulusan saat memasuki dunia kerja ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi. “Untuk awalan, vokasi robotik ini menjadi program pilihan siswa. Tapi kalau nanti menunjukkan perkembangan yang bagus, bukan tidak mungkin menjadi program wajib bagi setiap siswa disemua jenjang,” ujarnya.

Riza Muhida mengapresiasi Homeschooling HSPG yang mengembangkan program vokasi robotik. Menurutnya hal ini penting agar keterampilan robotik terus berkembang tidak hanya di sekolah formal, tapi juga sekolah non formal. Bahkan tidak menutup kemungkinan program vokasi robotik di Homeschooling HPSG lebih unggul dibanding sekolah formal.

 

robot yang akan digunakan telah menggunakan sofware terbaru untuk 3-5 tahun kedepan

Adapun pelatihan yang diberikan kepada guru-guru Homeschooling HSPG meliputi pemrograman robot menggunakan handphone android dan membuat robot yang bisa berinteraksi dengan manusia, misalnya membuat animasi untuk robot. Pihaknya juga akan melakukan pendampingan, sampai guru benar-benar siap mengajarkan robotik ke siswa.

“Jadi nantinya siswa HSPG punya kemampuan koding, terampil membuat alat otomasi, terampil elektronika dan bisa berpartisipasi di berbagai lomba robotik,” pungkasnya.

 

aplikasi magnetcode
penggunaan smartphone sebagai pembuatan program sekaligus controller robot
Aplikasi coding pictoblox
Aplikasi coding pictoblox menggunakan komputer untuk memprogram kinerja robot

 

KR-Devid Permana

Categories Uncategorized

Post Author: adminhspg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *