Homeschooling

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ke Psikolog?

Konsultasi dengan tim psikologi Homeschooling HSPG yuk!

Tau gak sih, kalo kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik? Mungkin seringkali kamu merasa baik-baik saja, tapi tanpa kamu sadari bisa saja sebenarnya kamu butuh bantuan tenaga profesional loohhh. Nah, tenaga profesional itu adalah psikolog atau psikiater. Yuuk kita simak beberapa hal yang menandakan kamu perlu ke tenaga profesional.

  1. Sedih berkepanjangan Sedih merupakan emosi yang wajar, yang menjadikan tidak wajar adalah ketika perasaan tersebut membuat kamu kehilangan minat akan suatu hal atau menarik diri dari pergaulan.
  2. Tidak dapat mengendalikan emosi Emosi atau perasaan yang tidak terkendali dan sering berubah-ubah bisa menjadi sinyal ada kesehatan mental yang harus diatasi. Apalagi jika kamu sering kali merasakan perubahan emosi yang signifikan.
  3. Kesulitan konsentrasi Sulit berkonsetrasi dalam waktu tertentu mungkin bukan masalah besar. Namun, hal ini juga bisa terjadi secara terus menerus sehingga menganggu aktivitas sehari-hari. Misalnya, kesulitan dalam konsentrasi belajar. Cari tau hal apa yang membuatmu kehilangan konsentrasi, yuk.
  4. Kekhawatiran orang terdekat Biasanya orang terdekat dapat mendeteksi perubahan dalam dirimu. Ketika orang terdekatmu merasa kamu “tidak bersikap seperti biasanya”, itu adalah saat yang tepat untuk memeriksakan dirimu ke tenaga profesional.
  5. Menyakiti diri sendiri Jika kamu dengan atau tanpa sadar memiliki kebiasaan menyakiti diri sendiri, merusak barang-barang disekitar dan melukai orang lain, bisa jadi kamu sedang tidak baik-baik saja. Segera bicarakan hal tersebut dengan tenaga profesional yah!
  6. Terkendala dalam pola makan dan tidur Perubahan nafsu makan dan pola tidur juga jadi tanda adanya permasalahan psikologis. Berbeda bagi setiap orang, ada yang makan/tidur berlebihan, ada pula yang kehilangan nafsu makan atau mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi aktivitasmu.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), psikiater adalah dokter yang ahli dalam penyakit jiwa. Selain itu, psikiater adalah seseorang yang berasal dari lulusan kedokteran, jadi jika kalian perlu pengobatan kalian bisa ke psikiater. Sementara psikolog adalah ahli psikologi. Psikolog adalah seseorang yang berasal dari lulusan magister psikologi. Buat kalian yang ingin berkonsultasi tentang emosi, perilaku dan pikiran, kalian bisa menemui psikolog. Nah, kalian tidak perlu khawatir. HSPG juga mempunyai divisi psikologi loh. Buat kalian yang ingin bercerita/berkonsultasi terkait masalah, hal yang mengganggu, atau membuat tidak nyaman, kalian bisa menghubungi tim psikologi. Jangan takut atau ragu untuk bercerita yah… Karena dengan bercerita kamu dapat membuat bebanmu sedikit berkurang, kamu juga bisa mendapat tambahan semangat dan semakin yakin dalam menghadapi situasi apa pun.

Categories artikel

Post Author: adminhspg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat