Homeschooling

MOS DI HOMESCHOOLING HSPG – Memotivasi Siswa Lewat Pembelajaran Berbasis Project

Homeschooling HSPG Yogyakarta mengadakan kegiatan Motivation of Student (MOS), 6-7 Januari 2021. MOS bertema ‘Sekolahku, Masa Depanku‘ diikuti seluruh siswa, mulai jenjang SD hingga SMA, baik program reguler maupun internasional didampingi guru/tentor terutama bidang psikologi.

Kepala Bidang Psikologi Homeschooling HSPG, Miss Astrid Rosaria C., S.PSi. mengatakan, MOS hari pertama digelar secara luring/tatap muka terbatas diperuntukkan bagi siswa yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan hari kedua digelar secara daring untuk memfasilitasi siswa yang sedang sakit atau sedang berada di luar daerah/negeri. Selain itu diikuti juga oleh siswa dari Homeschooling HSPG Cabang seperti Medan, Serang dan Balikpapan.

“MOS tatap muka diikuti sekitar 99 siswa seluruh jenjang diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok/ruang dan beberapa sesi agar tidak terjadi kerumunan,” jelas Miss Astrid.

Menurut Miss Astrid, tujuan MOS untuk menyiapkan dan memotivasi para siswa mengawali pembelajaran di semester baru (genap). Kegiatan inti dalam MOS dibagi dua, pertama psikologi untuk memotivasi siswa melalui games dan project. Kedua adalah kegiatan akademik yang menjelaskan seputar regulasi sekolah maupun sistem pembelajaran yang akan dijalankan.

General Manager Homeschooling HSPG, Mr. Anggo Marantika M.Sc. mengatakan, materi MOS yang disampaikan melalui games dan project dimaksudkan untuk memantik kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya. Dalam konteks MOS, maka juga dilakukan refleksi dan penguatan motivasi siswa agar siap mengikuti pembelajaran.

Menurut Mr. Anggo, dari hasil kegiatan refleksi pembelajaran berbasis project yang dilakukan dalam MOS, siswa terlihat lebih senang dan bersemangat. Selain itu mereka lebih aktif dan tidak bosan, karena dilibatkan dalam proses pembelajaran. “Pembelajaran berbasis project ini terintegrasi dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang saat ini diterapkan di Homeschooling HSPG dan telah diprogramkan oleh Kemendikbudristek,” ujarnya.

Homeschooling HSPG membuka pendaftaran siswa baru dan memberikan potongan uang pangkal sebesar 50% jika mendaftar saat ini.

Categories Uncategorized

Post Author: adminhspg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *