TENTANG KAMI

Homeschooling (Sekolahrumah) adalah sebuah sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi salah satu pilihan orang tua dan masyarakat pada umumnya untuk memberikan pendidikan pada anak-anaknya. 

TENTANG KAMI

Homeschooling (sekolahrumah) adalah sebuah sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi salah satu pilihan orang tua dan masyarakat pada umumnya untuk memberikan pendidikan pada anak-anaknya. Dimana keberadaannya sah, diakui, sama dan sederajat dengan sekolah formal sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No 20 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 129 Tahun 2014.

Homeschooling atau sekolahrumah yang telah diatur dalam permendikbud tentang penyelenggaraan sekolahrumah adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar dan terencana dilakukan oleh orang tua / keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dalam bentuk tunggal, majemuk, atau komunitas dimana proses pembelajaran dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif dengan tujuan agar setiap potensi peserta didik yang unik dapat berkembang secara maksimal.

Di dalam proses pembelajaran, Homeschooling Primagama (HSPG) menerapkan pendekatan “school at home” yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, ramah dan bersifat kekeluargaan. Namun demikian ketercapaian kompetensi dan kualitas materi sama dengan kurikulum sekolah formal. Selain itu, pendekatan psikologis dan akademiks juga diberikan guna mengoptimalkan kemampuan peserta didik yang kemudian diarahkan melalui program pengembangan belajar dan pendidikan vokasi untuk menghasilkan output dan outcome yang diharapkan.

Pendekatan psikologis yang diberikan kepada peserta didik meliputi aspek bakat dan minat, hambatan belajar, karakteristik dan latar belakang peserta didik yang digali melalui berbagai macam tes diagnostik psikologi. Sementara itu, pendekatan akademis terdiri dari analisis modalitas belajar peserta didik yang meliputi, tingkat kemampuan belajar (sensitive learning) gaya belajar (learning style) dan gaya komunikasi (characters communication) yang digunakan oleh peserta didik.

Metode yang diterapkan di HSPG yaitu learning how to learn (belajar bagaimana caranya belajar). Metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemahaman peserta didik mengenai konsep suatu bacaan atau literasi membaca, numerasi termasuk di dalamnya penggunaan rumus, cara belajar yang benar dan kemampuan untuk mempersiapkan diri menghadapi evaluasi akhir di setiap kompetensinya.

Selain itu, fun learning, contextual learning, scientific method, serta creative innovative and entrepreneurship merupakan metode pembelajaran lainnya yang digunakan di dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan output dan outcome yang diharapkan yaitu, memiliki sikap yang terpuji (excellent attitudes), memiliki kecakapan hidup yang aplikatif (proper life skills) dan ilmu pengetahuan yang baik (good knowledge).

Join our School